PULAU JEMUR ANTARA MALAY AND INDO

Promosi Pariwisata Via Website
Malaysia Juga Klaim Pulau Jemur

Jumat, 28 Agustus 2009 - 22:12:51 WIB (metroriau.com)
BAGANSIAPIAPI - Malaysia ternyata belum puas dengan hanya mengklaim aset Indonesia seperti tarian pendet, wayang kulit, batik hingga sejumlah potensi wisata budaya lainnya. Pulau Jemur yang berada di perbatasan Malaysia-Indonesia perairan Pasir Limau Kapas, Rohil juga ditawarkan melalui situs website dalam promosi pariwisata negeri Jiran tersebut.

"Malaysia juga telah mengklaim pulau jemur milik Indonesia yang berada di gugus Aruah Selat Malaka kecamatan Pasir Limau Kapas. Dalam situs promosi pariwisata pulau yang mereka tawarkan, potensi keindahan Pulau Jemur kita turut disertai mereka," ketus Dandim 0303 Bengkalis Letkol Inf Sonny A kepada Metro Riau, Jumat (28/8).

Dikatakan Sonny, belum adanya inisiatif pemerintahan kita untuk menggarap besarnya potensi wisata di kawasan pulau Jemur, membuat hal ini menjadi cela bagi Malaysia untuk menawarkan potensi gugus kepulauan yang berada di perbatasan Malaysia - Indonesia tersebut ke para wisatawan sasaran mereka.

"Gugus pulau Jemur memiliki potensi wisata yang besar jika dikelola dengan baik. Sayangnya pulau terluar Indonesia yang masuk Selat Malaka di wilayah perairan kecamatan Pasir Limau Kapas kabupaten Rohil tersebut kini sudah diklaim oleh Malaysia melalui promosi wisata pulau yang mereka tawarkan dalam sebuah situs di website," cetus Sonny dengan nada tinggi.

Hanya saja lanjutnya, TNI AD sendiri tidak bisa berbuat banyak dalam hal melindungi keberadaan Pulau Jemur. Menurutnya, dalam ketentuannya jika di suatu daratan atau kepulauan sudah terdapat Pos AL, maka pihak yang berwenang melakukan penjagaan di kawasan adalah pihak TNI AL. TNI AD sendiri baru bisa melakukan penjagaan dengan cara mendirikan Bintara Pembina Masyarakat (BABINSA) jikala di daerah kepulauan tersebut sudah terdapat masyarakat yang hidup secara bersosial layaknya permukiman lainnya.

"Sayangnya, di Gugus Pulau Jemur belum ada kehidupan masyarakatnya. Yang ada hanya POS AL. Kendati beberapa waktu lalu sudah ditetapkan status pemerintahan Gugus Pulau Jemur sebagai sebuah kepenghuluan, namun dalam kenyataannya hingga kini belum ada masyarakat yang ingin hidup menetap di daerah sekitar," ungkap Sonny yang mengaku sebulan lalu meninjau langsung lokasi Pulau Jemur.

Sementara dari penyelusuran Metro Riau di situs website tentang Pulau Jemur salah satunya beralamat di www.traveljournals.net/explore/malaysia/map/p456617/pulau_jemur.html, terlihat jelas kalau pulau Jemur yang di klaim Malaysia dalam promosi pariwisatanya sama persis dengan keberadaan Pulau Jemur milik Indonesia yang diperairan Selat Malaka di wilayah Kecamatan Pasir Limau Kapas, Rohil.

Dalam situs tersebut disebutkan kalau Pulau Jemur klaim Malaysia itu masuk wilayah Selangor yang berada di koordinat latitude 2.869444 dan longitude 100.5667 DMS 2 derajat 52 menit 10 detik utara dan 100 derajat 34 menit nol detik barat yang mereka updated 2004-02-27. Kendati tidak dipaparkan secara gamblang mengenai potensi Pulau Jemur yang mereka tawarkan, namun hal ini sudah melecehkan negara Indonesia.

"Kitakan tahu potensi apa saja yang sudah di klaim Malaysia selama ini. Dari semua ini sudah jelas apa maunya Malaysia. Dan mereka memang melakukan hal itu," tukas Sonny mengakhiri. (agus andriansyah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar